Tanggal Hari Ini : 25 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Internet Mengubah Cara Berjualan Rosidah
Selasa, 14 Oktober 2014 05:11 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Internet memberi berkah bagi banyak orang. Itu jika mereka tahu cara memanfaatkan dan menggunakan media internet untuk kemaslahatan hidup. Dapat menunjang belajar, mencari informasi penting, dan dapat juga untuk menunjang kegiatan usaha. Namun bagi yang tidak tahu manfaatnya, internet hanya jadi media narsis, chating, dan menghabiskan banyak anggaran uang dan pulsa tanpa menghasilkan apa-apa.

Bagi Rosidah Widya Utami, pebisnis asal Jombang, Jawa Timur ini,  kehadiran internet membawa berkah. Ia hampir tak menyangka apa yang dilakukannya kini dapat terjadi 10 atau 20 tahun yang lalu. Namun, kini dengan internet semua bisa menjadi nyata, semua dapat diwujudkan, dan semua hampir tak masuk akal terjadi sebelumnya.

Sebagai  produsen kue kering rumahan di Jombang, Jawa Timur, Utami, bekerja seperti produsen kue kering rumahan lainnya. Ia membuat, menjajakan  hasil produksinya ke semua tempat yang menurutnya ramai calon pembeli.

Ia berjualan berkelililing dengan motor di sekitar rumahnya, berkeliling ke kampung-kampung, hingga ke jarak yang agak jauh. Kue-kue kering, dan donut tersebut juga dijajakan ke sekolah-sekolah, dan dimana saja yang ada keramaian dan banyak calon pembelinya.  

Internet lah yang membuat Rosidah Widya Utami kini berbeda. Ia memang tetap membuat kue kering dan donut, tetapi tidak lagi berkeliling kampung atau sekolah-sekolah. Ia memanfaatkan internet untuk mempromosikan produknya. Ia juga mempromosikan produknya melalui media-media sosial yang kini sangat marak.

 Jika orang lain sibuk narsis tentang dirinya sendiri dari pagi hingga petang, Utami justru sibuk berpromosi  melalui internet dan jejaring sosial dengan gratis.

Mungin orang tak mengenal banyak siapa itu  Utami, tetapi para netter atau pengguna internet sudah paham dengan produknya yang dilabeli brand Donut Kampung Utami (DKU).

 Rosidah Pakar DonatMenjaga Kualitas

Meski produk kampung, soal rasa Utami selalu menjaga mutu dan kualitasnya. Ia menggunakan bahan terbaik, cara pengelolaan yang efisien dan dengan kualitas alat-alat yang higienis. Semua informasi itu ia ungkapkan di laman website pribadinya, melalui blog atau facebook yang dikelolanya.

Dengan membangun kepercayaan yang tinggi, pelayanan yang terus menerus, fokus dan  dikontrol secara meyakinkan, Utami berhasil membangun kepercayaan bisnis kepada para pelanggannya melalui internet.

 Soal rasa misalnya, Utami berani bertaruh dengan produk pabrikan dari merek-merek kue dan donut trkenal lainnya, terlebih soal harga yang siap diadu dan dibandingkan. Utami juga terbuka dan transparan soal bahan baku, dan jenis bahan lain yang digunakan. Ia berani menjamin bahan-bahan kue yan digunakan halal dan thoyib, alat-alat yang digunakan juga higienis dan bersih.

Cara Utami bercerita dan membangun kepercayaan di laman blog pribadinya juga  semakin meyakinkan para pelanggannya untuk tak sekedar percaya tetapi juga mulai beranjak untuk membeli produk-produk yang ditawarkan. Terlebih Utami juga mengajarkan cara-cara membuat kue kering, cara membuat donnut dan kiat menjadi wirausaha yang bergerak di bidang bisnis kue kering dan donut. Banyak yang mengikuti langkahnya.

Berawal dari sini ia selain mendapatkan order kue kering dan donut jadi, juga banyak mendapatkan order bahan baku berupa bahan baku tepung untuk kue kering dan donnut seperti yang dibuatnya.

 Kini Utami telah kuwalahan menerima banyak pesanan, meski telah dibantu lebih dari 40 orang pekerja, terlebih jika musim-musim lebaran atau tahun baru tiba. Pelanggannya bukan saa dari kawasan sekitar Jombang, tetapi sudah melebar hingga ke kawasan yang jauh dari jangkauannya. Ada yang dari Jakarta, Surabaya, Bandung, bahkan dari berbagai kota di luar Jawa. Perputaran bisnisnya dalam sebulan tidak lagi seratus atau dua ratus ribu, tetapi sudah mencapai ratusan juta. Bagaiamana dengan anda. 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari