Tanggal Hari Ini : 25 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Hati-Hati Hobby Dapat Menjadi Pintu Masuk Bisnis Anda
Senin, 06 Agustus 2012 10:52 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Orang yang melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati, ia tidak akan pernah merasa lelah. Bahkan tidak pula merasa jenuh melakukannya.

Anda pasti memiliki hobby, mungkin hobby bermain sepak bola, hobby memelihara ayam, burung, atau hewan piaraan, bahkan ada yang hobby mengoleksi lukisan atau benda-benda kuno.

Hati-hati dengan hobby anda, karena hobby dapat menjadi pintu masuk bisnis anda. Sejarah para pebisnis besar yang fenomenal, memulainya dari hal-hal kecil yang berawal dari hobbynya.

Mark Zuckerberg (28), misalnya. Ia membangin bisnis besar ‘facebook’ dari hobbynya yang suka mengotak atik computer, mengembangkan “Smart” mp3 player di sekolah SMAnya terdahulu. Semasa menjadi mahasiswa di Harvard University, ia pernah ditegur oleh pengelola kampus karena mengoperasikan sebuah situs rating dengan menggunakan foto-foto mahasiswa dan mahasiswi Harvard dengan nama domain “HotOrNot.com”, tetapi setelah itu foto tersebut digunakan untuk keperluan Facebook.com dengan maksud memperkenalkan antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya. Siapa yang menyangka kemudian bahwa hobbynya kini menjadi bisnis besar dan menempatkannya sebagai salah satu orang dari 100 orang terkaya di dunia.

Seorang kakek, di Amerika, memiliki hobby mengoleksi lukisan hantu. Ia sukses menjual lukisan bertema hantu kepada orang yang membutuhkannya. Demikian juga dengan seorang ibu rumah tangga di Singapura yang hobby membereskan rumah. Si ibu itu menuliskan pengalaman serta kebiasannya membereskan rumah, kemudian dibuat menjadi sebuah buku dalam format pdf/jpeg kemudian dijual melalui internet.

Di Indonesia, cukup banyak orang berbisnis sukses yang bermula dari hobby, dengan menggunakan sarana internet untuk memasarkannya.  Anne Ahira, pendiri Asianbrain.com yang hobby mengajar ini adalah salah satu contohnya.

 

Mulai dari Hobby  

Jika anda adalah seorang  pecinta oleh raga sepak bola, apa yang akan anda pikirkan tentang hal yang anda sukai dan cintai? Anda akan mencari semua korelasi, benda, dan hal yang berhubungan dengan sepak bola. Namun berawal dari sinilah sebenarnya anda dapat memulai sebuah bisnis  yang berkaitan dengan sepak bola. Coba cek di mesin pencari di internet, berapa orang yang  mencari informasi tentang sepak bola.

Dari sanalah anda akan mengetahui ada banyak yang dapat dijual dan ditawarkan kepada orang-orang yang mencari informasi terhadap sepakbola, mulai dari t-shirt, topi, sepatu sepakbola, dan lain-lain. Masuk akalkah jika anda membuka toko online yang menjual berbagai kebutuhan sepakbola pagi para pecinta sepakbola yang sedang mencari berbagai informasi tentang sepakbola di internet? 

Awalnya mungkin ini terkesan berlebihan dan bisa jadi ada yang berpikir bahwa ini mengada-ada. Namun jangan salah. Setiap hari jutaan orang mengetikkan keyword untuk mencari kebutuhannya seputar sepak bola di internet, dan anda tidak pernah memikirkan bahwa ini adalah sebuah pasar yang sangat besar.

Bukan hal yang aneh jika ada di antara mereka akhirnya memutuskan untuk membeli t-shirt, topi, atau mungkin asesoris yang berkaitan dengan sepak bola atau berkaitan dengan team favorit mereka.

Berdasarkan kebiasaan di kalangan internet marketer, sekitar 1 hingga 3 % dari mereka yang berkunjung ke situs yang anda buat  akan memutuskan untuk membeli dari internet. Apakah anda berpikir bahwa jumlah ini terlalu kecil?  Eitt tunggu dulu. Jika ini dikalkulasi dan anda menjual banyak hal di internet, maka ini akan menghasilkan pendapatan yang luar biasa. Apalagi Anda tidak begitu menghabiskan banyak persiapan maupun waktu di sana. Jika kita pandai mencermati, ketika jumlah pencari informasi ini sangat besar, ternyata tidak ada yang menyediakan produknya, wah, bukankah ini kesempatan emas bagi anda yang ingin memulai bisnis online.

Nah, kini saatnya anda mengingat-ingat kembali mengenai hobi anda.

 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari