Tanggal Hari Ini : 21 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Sepuluh Kiat Sukses Memulai Bisnis Online
Rabu, 01 Agustus 2012 08:59 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Ala Eko Sugiono dan Alwi Mukadar

Saat memulai bisnis online,  terutama dengan strategi membuat toko online, diperlukan langkah-langkah yang tepat agar mampu menghasilkan  banjir order. Langkah-langkah tersebut  mesti di lakukan oleh semua yang akan memulai membuat took online.

Menurut pendiri Sekolah Pengusaha Online (SPO), Eko Sugiono dan Alwi Mukadar, keduanya menuturkan adanya beberapa kesalahan yang di lakukan oleh banyak orang dalam memulai bisnis secara online sehingga took onlinenya kurang mendatangkan order.

“Biasanya yang menjadi fokus membuat took online  adalah membuat sebuah alamat website dengan mengutaman tampilan yang keren. Padahal meskipun tampilannya keren tetapi kalau orang sulit menemukan website kita di online tentunya patut di sayangkan. Ibaratnya kita membangun toko yang bagus tapi kita bangun di tengah area pemakaman, alhasil pasti sepi pengunjung,” ujar Eko menambahkan.

Untuk menghindari kesalahan fatal tersebut, SPO memberikan sepuluh kiat sukses dalam memulai bisnis Online. 

Pertama, Pengetahuan Produk. Pengetahuan produk ini penting karena kita mampu memberi landasan yang tepat tentang strategi berikutnya. Pengetahuan produk ini meliputi produk apa yang mau kita pasarkan, nama lain produk tersebut, karena belum tentu nama sebuah produk yang sama tetapi punya nama yang berbeda di tempat lain. Nah dengan mengetahui hal tersebut kita akan tepat menentukan kata kunci atau key word yang tepat untuk produk tersebut.

Apa manfaatnya, siapa pemakainya, apa produk tersebut bisa dipasarkan secara luas di seluruh Indonesia atau lokal saja. Dengan pengetahuan produk tersebut kita semakin punya dasar dalam menetukan strategi berikutnya. 

Kedua, Riset kata kunci. Langkah ini adalah langkah terpenting. Konsumen datang ke toko online kita tentunya dengan menuliskan kata – kata  kebutuhan di mesin pencari seperti google, kata itulah yang dinamakan kata kunci atau key word. Maka lakukan riset untuk kata kunci ini.

“Semakin banyak kata kunci yang kita temukan di toko online kita , semakin banyak kita membuat jalan masuk ke took online  kita. Kata kunci yang baik adalah kata kunci yang buying keyword, kata kunci yang potensial menghasilkan penjualan.

Ketiga, Menentukan  judul website kita, domain atau url, tag line dan mempersiapkan kata kunci.  Langkah ketiga ini akan mudah kita dapatkan kalau langkah kedua bisa kita lakukan dengan baik.

Keempat, membuat email khusus untuk toko online. Email ini akan bermanfaat dalam proses membangun toko online. Pisahkan email pribadi dengan email bisnis.

Kelima, Membuat Website. Pembuatan website dengan landasan riset kata kunci akan semakin membuat pengaruh website kita banyak di kunjungi calon pembeli.

 Keenam, SEO onpage yaitu langkah bagaimana kita menata  isi website sehingga mengikuti kaidah kebutuhan mesin pencari.

Ketujuh, SEO offpage yaitu langkah mempromosikan setiap isi dari website sehingga semua informasi yang kita tulis di website mampu membuat orang lain berkunjung.

Ke delapan, lakukan 9 SEO dasar yaitu langkah lanjutan dalam mempromosikan website kita ke sembilan alamat website yang direkomendasikan oleh mesin pencari.

Kesembilan adalah lakukan iklan baris SEO, dengan melakukan iklan baris akan sangat mendongkrak rating website kita. Setelah langkah pertama sampai sembilan sudah kita lakukan, langkah yang kesepuluh adalah persiapkan cara menerima pertanyaan dari calon pembeli.

Dengan penerimaan yang baik calon pembeli yang sudah berdatangan ke toko kita, tidak akan sia-sia dan  akan terjadi closing order. 

Menurut Alwi Mukadar, apabila langkah-langkah itu di terapkan maka bukan hal yang mustahil omzet  perusahaan akan meningkat tajam bahkan bisa sampai 500%.

Menurut Alwi, SPO siap memberikan workshop khusus bagaimana langkah-langkah tersebut dikerjakan.

“SPO mengajarkan step-step membangun bisnis toko online, bahkan dengan menggunakan fasilitas gratisan  dari internet, tapi tetap banjir order,” cetusnya.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari