Tanggal Hari Ini : 25 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Buka Toko Online Cara Berbisnis Cerdas Tanpa Modal
Selasa, 31 Juli 2012 15:19 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Ingin berbisnis tetapi cekak modal? Mengapa tidak membuka toko online sebagai alternative  pertama. Dengan toko online seseorang tidak harus mengeluarkan biaya dan modal yang terlalu banyak untuk memulainya. Berbekal modal sangat minimpun, usaha dapat segera dijalankan. Kuncinya adalah, anda dapat menggunakan instrument internet sebagai awal untuk memulai bisnis.

Toko online? Apa sih. Toko online sebenarnya tidak ada bedanya dengan toko offline, atau toko yang biasa anda kenal. Bedanya, jika toko biasa/offline dapat dikunjungi karena tempat fisiknya ada, barang-barang secara fisik juga dapat dilihat, malah jika perlu dapat memilih langsung dari barang yang tersedia, sekaligus menawar harganya  dari harga yang ditentukan oleh penjualnya, sedangkan toko online hanya memuat nama domain, dan menampilkan foto-foto atau informasi tentang produk atau jasa yang dijual.

Namun keduanya (toko online dan toko offline) memiliki persamaan yang sama. Bahwa kedua-duanya merupakan sarana untuk menjual aneka jasa dan aneka produk. Tentu jika anda tidak memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis, alternative mana yang akan dipilih? Tentu alternative membuat toko online jadi pilihan. Mengapa? Karena bagi anda yang ingin memulai bisnis, membuka toko misalnya, tidak sedikit biaya yang diperlukan. Biaya  menyiapkan tempat, pelaralatan, perizinan, membeli barang-barang untuk dipajang dan stok, juga harus menyiapkan dana untuk membayar listrik, gaji pegawai, dan lain-lain, tidak sedikit jumlahnya. Sementara jika mmbuka toko online semua hal di atas dapat diminimalisir. 

Apa saja keuanggulan toko online? Banyak. Antara lain,  anda dapat mentarget siapa yang akan menjadi pelanggan anda, selain itu anda juga tidak perlu repot-repot membuat pamlet atau brosur. Jika toko offline harus ditunggu/dijaga jika ingin ada transaksi, maka toko online sebaliknya. Anda bias bekerja dimanapun, termasuk dikamar mandi anda sendiri.

 Di saat kemajuan teknologi begitu berkembang seperti saat ini, sarana komunikasi terintegrasi sudah dapat digunakan dimana-mana, dan pembayaran juga dapat dilakukan dimana-mana, maka membuka usaha toko online adalah sebuah keniscayaan. Siapapun anda, lulusan sekolah rendah, mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja professional, bisa membuat toko online, dan tidak menggunakan modal yang berarti untuk memulainya. Ini merupakan langkah cerdas memulai bisnis tanpa modal besar.

 

Berkah

Toko online merupakan salah satu instrument yang berkembang dari kehadiran internet. JCR Lickliker dari Massacchuet Institute of Technology, USA, adalah orang pertama yang memperkenalkan internet pada tahun 1962.

Namun Lick barangkali tidak pernah membayangkan bahwa perkembangan internet kini begitu pesat.  Melalui internet, masyarakat dunia dapat terhubung dan berkomunikasi, serta beragam manfaat dapat diperolehnya. 

 Di Indonesia, jumlah pemakai internet diperkirakan telah mencapai lebih dari 55 juta orang. Terserah kita, apakah internet akan kita gunakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kreatifitas dengan memanfaatkannya secara optimal, dengan membuat bisnis yang berbasis internet, seperti membuat toko online, sarana berkomunikasi efektif dan juga sarana untuk berjualan, atau kita hanya menjadi sebuah obyek, menjadi ‘sasaran tembak’ sekaligus ‘pasar’ dan penonton dari kehadiran internet di sekitar kita.

 

Sadar  

Masyarakat kini mulai sadar bahwa jaringan internet memudahkan pula bagi penggunanya untuk digunakan berbagai hal. Mau membeli sebuah baju, kue, aneka makanan, kini tak perlu  repot-repot bepergian keluar. Cukup anda lihat-lihat di internet, model baju yang sesuai dengan apa yang diinginkanpun bisa langsung di pesan. 

Bahkan  tidak hanya baju, kebutuhan apapun saat ini mulai dari sabun, beras, pernak-pernik lainnya bahkan kebutuhan yang kadang sama sekali tidak terpikir oleh kita sudah bisa kita cari di internet, baik berupa jasa maupun produk. Mau pesan kue, rumah, mobil, kuda, buku, tiket pesawat dan masih banyak  lagi bisa di dapatkan dengan mudah di internet. Istilah saat ini adalah belanja secara online. Internet sudah membuat sebuah lompatan besar dalam mengubah prilaku orang dalam berbagai  hal, termasuk jual beli.

Kini, anda hanya mau menjadi penonton atau menjadi pelakunya?

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari